Polair merupakan singkatan dari Kepolisian Perairan yang termasuk dalam bagian Kepolisian Negara Republik Indonesia. Pada struktur organisasi, Kepolisian Perairan terbentuk dalam satker yang dikenal dengan Direktorat Kepolisian Perairan dimana pada tingkat Mabes berada dibawah Badan Pemeliharaan Keamanan Polri (Baharkam Polri) sedangkan pada tingkat daerah berada dibawah Kepolisian Daerah (Polda).

Direktorat Kepolisian Perairan Polda Sumbar yang selanjutnya disingkat Ditpolair Polda Sumbar merupakan unsur pelaksana tugas pokok Polda yang berada dibawah Kapolda, yang bertugas menyelenggarakan fungsi Kepolisian Perairan yang mencangkup patroli, TPTKP Perairan, SAR dan Binmas pantai atau perairan serta pembinaan fungsi kepolisian perairan dalam lingkungan Polda.

Ditpolair Polda Sumbar dipimpin oleh seorang Direktur Kepolisian Perairan yang disingkat Dirpolair Polda Sumbar berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombespol). Dalam pelaksanaan tugas, Dirpolair dibantu oleh Wakil Direktur (Wadirpolair), Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabagbinopsnal), Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Administrasi (Kasubbagrenmin), Kepala Sub Direktorat Penegakkan Hukum (Kasubditgakkum), Kepala Satuan Patroli Daerah (Kasatrolda), Kepala Sub Direktorat Fasilitas, Pemeliharaan dan Perbaikan (Kasubditfasharkan) dan Komandan Kapal (Danpal).

Kantor Ditpolair Polda Sumbar beralamat Jl. Raya Padang – Painan KM.16 Padang ini telah memiliki berbagai sarana pendukung seperti dermaga, kapal, peralatan selam, perahu karet dan alat kepolisian lainnya. Dimana semua ini dapat digunakan dalam pelaksanaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat.